Sabtu, 30 Maret 2013

Tips Memilih Nama Untuk Usaha atau Bisnis Anda


Selamat siang Sobat Blogger, salam hangat buat kita semua hari ini. Selamat menjalankan aktifitas hari ini. Nah, kembali lagi hari ini www.info-benchmark.com kembali berbagi tips menarik dalam menentukan nama untuk usaha dan bisnis anda. karena nama yang unik, menarik, singkat, jelas dan sebagainya akan sangat berpengaruh bagi kesuksesan usaha atau bisnis anda. Untuk menentukan nama usaha atau bisnis, ada beberapa tips yang mengkin perlu kita keytahui bersama, diantaranya :


1) Nama bisnis harus mudah di eja dan mudah diucapkan.

Nama usaha atau bisnis Anda semestinya dapat dengan mudah di ingat oleh klien potensial anda. Karena bisnis dan usaha yang mudah di eja dan diucapkannamanya, maka nama bisnis Anda bila masuk dalam daftar buku telfon atau direktori bisnis online, maka orang akan dengan mudah menemukannya.

Jadi memilih nama bisnis seperti "TaivaelAgent" mungkin saja akan terdengar unik, karena nama yang susah di eja  bukan ide yang baik, karena susahnya diucapkan dan dieja. Bila konsumen Anda dari kalangan pribumi, nama bisnis yang berbahasa Indonesia tentu lebih mengena dan mudah di ingat.

Sementara bila ruang lingkup Anda mencakup dimensi internasional, nama umum plus Inggris bisa jadi pilihan yang bagus. Nama yang pas adalah sesuatu yang dapat disebutkan dimana saja tanpa banyak penjelasan.

2) Nama sebuah bisnis dapat di visualkan.


Apa yang muncul di benak Anda saat membaca "TaivaelAgent?" Kebanyakan orang tidak akan dapat memvisualisasikan apa-apa ketika mereka membaca nama ini. Umumnya kita terprogram untuk "melihat" ketika kita membaca atau mendengar sebuah nama. Memasukkan elemen visual menjadi nama bisnis Anda bisa menyusupi ingatan pelanggan. Pilih sebuah nama bisnis yang memiliki unsur visual yang kuat. "TravelAgent" so pasti lebih bagus dibandingkan "TaivaelAgent."

3) Nama sebuah bisnis yang menarik memiliki konotasi positif.

Sebuah nama menunjukkan arti harfiah yang banyak dan bermakna emosional. Arti dari sebuah nama kerapkali memiliki asosiasi emosional yang positif, netral atau negatif. Bila Anda mencari nama bisnis, Anda perlu memilih kata-kata yang tepat agar orang mengingat makna positif yang terkait dengan bisnis Anda.

4) Nama sebuah bisnis menggambarkan dengan jelas bisnis Anda.


Anda harus yakin nama bisnis Anda dapat memberikan deskripsi dan petunjuk umum tentang apa yang sebenarnya Anda lakukan. Itu sebabnya hampir semua bank memiliki kata "Bank" dalam memberikan nama mereka. Kata "Salon" untuk usaha perawatan rambut, kulit atau kuku. Kata "Travel" untuk usaha biro perjalanan dan "Hotel" untuk usaha penginapan, dll.

5) Nama sebuah bisnis harus singkat, tetapi tidak terlalu pendek.


Hal ini penting karena Anda ingin konsumen dapat mengingat nama bisnis Anda. Terlalu pendek berakibat rancu, sedang bila terlalu panjang akan susah diingat dengan tepat. Juga penting untuk tujuan promosi, bila ditulis di kartu nama dan stasioner, bisa terlihat bagus. Nama adalah bagian dari brand Anda yang dapat menyimpan makna. Contoh nama pendek seperti IBM, Aqua, DHL, Intel, Nokia, Sony, umumnya sangat mudah diingat.

6) Pilih nama usaha yang bisa membedakan bisnis Anda dari pesaing / kompetitor.

Jika pesaing utama dalam bisnis adalah "Busana Keren Ananda" tentu Anda tidak mesti memilih nama bisnis yang mirip bahkan persis, misalnya "Busana Keren Irma," "Busana Keren Yohana" dll. Anda harus memilih nama yang akan membedakan dari pesaing utama. Dalam dunia usaha, lebih baik berani dan terlihat menonjol daripada berbaur dengan arus.

7) Nama bisnis sebaiknya memiliki opsi dotcom.

www comDunia usaha saat ini tidak hanya mencakup offline, tapi juga online. Dengan ekspansi pasar lebih luas, kebutuhan nama domain untuk usaha memegang peranan penting. Memiliki nama domain dotcom yang tepat memberi nilai yang sangat besar.

Jika Anda yakin Internet akan memainkan peran penting dalam masa depan bisnis Anda, faktor ketersediaan nama dotcom menjadi keharusan. Sangat mudah untuk mencari tahu nama domain yang tersedia, dan mana saja yang telah didaftarkan orang lain.

8) Sebuah nama bisnis yang langgeng tidak melanggar hak paten / Trademark orang lain.

Anda harus yakin nama bisnis pilihan Anda tidak melanggar hak kekayaan intelektual dari sebuah organisasi atau bisnis lain. Lantaran menggunakan nama dari merek lain, dengan mudah sebuah usaha kolaps atau bangkrut karna dituntut dan kalah dalam meja hijau di kemudian hari. Usaha bertahun tahun akan lenyap seketika. Untuk itu Anda dapat menggunakan internet dalam meneliti hak nama usaha orang lain.


1 komentar:

  1. trims infonya sob,cocok bngt klo yg mau jdi pngusaha2 sukses,:)
    kunjungi juga
    biscer.blogspot.com
    duniablogseo.blogpsot.com

    BalasHapus