Selasa, 22 April 2014

Cara Membuat Multiboot Windows 7 dan Linux Ubuntu Pada Satu Flashdisk

Selamat malam Sobat Blogger. Selamat beristirahat dan melalui malam yang indah untuk malam ini. Walaupun malam ini di daerah saya cuaca lagi hujan. Kembali lagi disini bersama saya Mr. Benchmark. Disini saya akan berbagi tips dan trik komputer terbaru untuk anda. Tips kali ini adalah seputar cara membuat Multiboot (Lebih dari satu Sistem Operasi) pada sebuah Flasdisk. Emang bisa ?? Apa sih yang gak bisa di dunia ini !! hehe :D

Pada tulisan saya sebelumnya, saya sudah pernah membahas CARA MEMBUAT INSTALLER WINDOWS 8 DI FLASDISK DENGAN MUDAH & Cara Membuat Installer Windows 7 Menggunakan Flashdisk. Nah, pada tips dan trik kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah tulisan yang berbeda dan mungkin patut untuk anda coba. Yaitu cara Membuat Multiboot Windows 7 dan Linux Ubuntu Pada Satu Flashdisk. Bagaimana sih caranya !! Oke langsung saja anda ikuti petunjuk yang sudah saya tuliskan dengan lengkap dibawah ini :

1) Siapkan sebuah flasdisk dengan minimal kapasitas 8/16 GB. Dan tancapkan ke slot USB Komputer anda.
2)  Kemudian format Flasdisk anda dalam file sistem partisi (FAT32).

3) Silakan download toolnya disini. Tool ini bernama YUMI yang nanti akan kita gunakan untuk melakukan multiboot pada satu atau lebih Sistem Operasi.

4) Setelah tool selesai di download, silakan jalankan tool YUMI anda. Dan silakan klik I Agree.

http://adf.ly/lcgih

5) Selanjutnya akan muncul jendela baru, disini anda bisa memilih drive USB Flasdisk anda, memilih distro yang akan anda gunakan dan memasukkan file ISO dari Installer Sistem Operasi Anda. Caranya bisa anda lihat pada gambar dibawah :

http://adf.ly/lcgrG

- Step 1 : "You Selected J: as Your USB device (tentukan dimana drive Flasdisk anda berada. Pada contoh ini posisi drive USB saya berada di lokal J). Note : hilangkan semua ceklist pada pilihan di kanan, karena sebelumnya anda sudah memformat flasdisk anda.

- Step 2 : Select a Distribution to put on J: (silakan pilih distro yang anda gunakan, disini pertama kali saya pilih "Windows Vista/7/8 Installer

-Step 3 : Browse and Select your *.iso (disini anda bisa menginport file ISO windows 7 anda dari komputer lokal).


Selanjutnya, setelah semuanya sudah anda setting dengan benar, silakan klik Create.

6) Kemudian, akan muncul lagi jendela baru. Pada tahap ini silakan pilih saja "Yes"

http://adf.ly/lcgyI

7) Sessat kemudian, proses pembuatan Multibooot Sistem Operasi akan berjalan, silakan tunggu prosesnya sampai selesai. Mungkin akan memakan waktu beberapa menit, tergantung besarnya kapasitas sistem operasi anda.

http://adf.ly/lch5t

http://adf.ly/lchE7

8) Setelah proses selesai, silakan klik Next. Akan muncul satu jendela baru lagi. Untuk melakukan (menambah) sistem operasi yang lainnya silakan pilih saja Yes. Silakan ikuti petunjuk dari tahap nomor 5 dengan benar, dengan memilih distro dan jenis sistem operasi yang di inginkan. Pada contoh disini saya akan menambahkan sistem operasi Linux Ubuntu pada falasdisk yang sebelumnya sudah di isi Installer Windows 7. Selanjutnya, silakan pilih kembali "Create"

http://adf.ly/lchMG

9) Selanjutnya, jika sistem operasi yang ingin anda masukkan sudah cukup, pada tahap akhir silakan pilih No dan selanjutnya pilih Finish.

http://adf.ly/lchV2 

10) Pada tahap ini selesai sudah pembuatan Multiboot Sistem Operasi pada satu buah Flasdisk. Jika cara yang anda lakukan sudah benar, flasdisk anda sekarang sudah bisa digunakan untuk melakukan Installasi Sistem Operasi, jangan lupa ganti boot di BIOS komputer anda First Bootnya pada pilihan USB. Agar pada waktu komputer booting yang terbaca pertama kali adalah drive USB anda. Semoga tips sederhana ini dapat membantu, dan mohon kritik serta sarannya yang membangun untuk blog ini. terimakasih :-)

0 komentar:

Posting Komentar