Jumat, 02 Mei 2014

CARA MUDAH MENYISIPKAN AYAT AL QUR'AN DI MICROSOFT OFFICE WORD

Bagi anda yang punya aktifitas sebagai dosen,guru, ataupun mahasiswa yang bergelut di bidang keagamaan khususnya agama Islam pasti tidak luput dengan yang namanya ayat-ayat Al Qur'an.

Dan terkadang tidak semua orang bisa dengan cepat dan pandai dalam penulisan ayat ayat Al Qur'an ini. Misalkan saja dalam penulisan Surat Al Fatihah terkadang kebanyakan kita pasti copas dari internet dan di paste ke lembar Microsoft Word.

Namun, dalam penulisan ayat Al Fatihah diatas kurang simpel kalau menurut saya, karena terkadang teks huruf araf yang kita copas tidak sesuai aturannya dan kita perlu mengeditnya kembali. Dan ini pasti akan memakan waktu yang lumayan lama lagi.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya mencoba untuk share salah satu tool yang mungkin sangat berguna bagi anda dan kita semua. Yaitu tool Qur'an in Word. Tool ini berfungsi untuk menuliskan secara otomatis ayat-ayat Al Qur'an di dalam lembar Microsoft Office kita.

Cara penggunaannya pun cukup mudah :

1. Silakan download Qur'an In Word  disini.

2. Setelah selesai download, silakan install tool tersebut. Setelah itu buka Microsoft Office Word anda maka akan terlihat tambahan menu pada pilihan menu Microsoft Office Word.

http://adf.ly/lcXTG


3. Selanjutnya, silakan klik sub menu Al-Quran dan silakan anda pilih kategori sesuai keperluan anda. Disini saya akan memilih Get Arabic + Translation.

http://adf.ly/lcXdm


4. Selanjutnya akan muncul tab menu untuk pengaturan Nama Surah Al Qur'an, ayat yang mau ditampilkan, jenis font, ukuran font, dsb. Pada pilihan ini anda bebas mengatur sesuai keinginan anda. Setelah itu, silakan klik OK .

http://adf.ly/lcXju

5. Terakhir, setelah semua proses dilakukan dengan benar, maka akan muncul hasil yang kita kehendaki. Tulisan arab dan terjemahan dari Surah yang kita inginkan telah muncul dilembaran Microsoft Office Word dan sudah tersusun dengan rapi :-)

http://adf.ly/lcXuN

6. Sekian penjelasan dari saya, mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa kritik dan sarannya pada kolom komentar dibawah ini :-)

0 komentar:

Posting Komentar