Kamis, 19 April 2012

Sejarah Singkat Flashdisk

Trek Technology dan IBM mulai menjual USB Flash drive (Flasdisk) pertama secara komersial pada tahun 2000. Trek teknologi Singapura menjual sebuah model yang dijuluki ThumbDrive dan drive IBM pertama yang dipasarkan di Amerika Utara yang disebut DiskOnkey yang diproduksi oleh perusahaan Israel, M-Systems. IBM USB flash drive mulai tersedia pada 15 Desember 2000dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8 MB, lima kali lebih besar dari kapasitas disket.




Pada tahun 2002, Netac Technology, sebuah perusahaan elektronik Shenzenmengklaim telah menciptakan flash drive USB pada akhir tahun 1990 yang merupakan perangkat yang telah dipatenkan Cina. Kedua perusahaan tersebut, yaitu Trek Technology dan Netac Technology mencoba untuk melindungi klaim paten mereka. Namun, saat ini kebanyakan perusahaan yang memproduksi flasdisk tidak memperhatikan hak patenmilik perusahaan Trek Technology dan Netac Technology.

Kini Flasdisk modern memiliki konekstivitas USB 2.0 ke atas dengan kecepatan transfer data hingga 30 megabyte lebih setiap detiknya.

0 komentar:

Posting Komentar